PUBLIC  AFFAIR

Angkatan bersenjata, again pemerintah, dan beberapa perusahaan menggunakan istilah “Public Affairs” sebagai pengganti untuk “Public Relation”. Dalam militer pemerintahan, istilah ini adalah bagian dari sebuah nama yang muncul dalam Amandemen Gillet 1913 untuk UU didewan Perwakilan AS, Amandemen ini menetapkan bahwa agen-agen federal tidak bisa mengeluarkan uang untuk publisitas kecuali telah disahkan secara tegas oleh kongres. Keputusan ini dikuatkan dalam public Law 93-50, section 305 dan berlaku pada 1 juli 1973. Undang-undang ini dilarang pemerintah mengeluarkan dana untuk publisitas atau propaganda yang dirancang untuk mendukung atau mengalahkan prises legislative dikongres “sejarawan J.A.R Pimlott menyimpulkan bahwa pembatasan dikenakan atas PR pemerintahan ini” muncul sebagai akibat dari rasa khawatir kalau-kalau program efisiensi administrative  akan menyebabkan konsentrasi kekuasaan yang berlebihan ditangan eksekutif”

Amandemen 1913 dan UU 1973 itu sebenarnya tidak mengacu pada PR. Meskipun demikian, banyak Negara bagian dan pejabat pemerintah daerah merancukan publisitas dengan konsep PR yang lebih luas. Akibatnya agen pemerintah biasanya menggunakan istilah lain untuk mendeskripsikan upaya penciptaan dan pemeliharaan hubungan dengan konsituen mereka. Tetapi ini lebih sekedar penggantian label, karena ribuan spesialis PR yang bekerja dipemerintahan local, federal negara bagian bekerja dengan sebutan “Public Affair”, informasi public”, “komunikasi”, “hubungan konstituen”, dan “penghubung”.

Sejak pemerintahan Johnson, pemerintah mengakui pentingnya membangun dan menjaga hubungan dengan warga negaranya. Karena itu pemerintahan federal kemudian membentuk federal information centers (sekarang diganti menjadi federal Citizen information centers-FICs) sebagai satu-satunya tempat bagi warga Negara untuk mendapatkan informasi tetang program dan pelayanan pemerintahan federal, seperti diringkas oleh Mordecai Lee:

Pertama, mereka melakukan fungsi marketin, membantu meningkatkan utilisasi pelayanan dan produk sector public, sebagai medium untuk menjawab pertnyaan-pertanyaan tentang pemerintah federal yang tidak berkaitan dengan pelayanan, dan karenanya FICs ini menjadi alat akuntabilitas demokratis bagi public. FICs ini membantu menciptakan warga Negara yang “melek informasi”, yang merupakan sine qua non bagi demokrasi.

Dalam usaha public affairs biasanya mengacu pada usaha PR yang berkaitan dengan kebijakan publik dan “corporate citizenship”, spesialis public affairs diperusahaan berfungsi sebagai perantara atau penghubung (liaison) dengan unit-unit pemerintahan; menginplementasikan program bantuan masyarakat; mendorong aktivisme politik, mengampanyekan kontribusi, dan voting ; dan melakukan kegiatan amal dan turut dalam organisasi pembangunan masyarakat

Spesialis public affairs mendeskripsikan hubungan antara PR dan Public affairs sebagai berikut: Public affairs adalah kegiatan yang menangani kebijakan public dan public yang mempengaruhi kebijakan tersebut” sebuah asosiasi aksekutif yang bermarkas diWashington DC, mendefinisikan Public affairs sebagai taktik PR Yang diterapkan pada strategi GR (government relation) untuk menghasilkan kebijakan public yang sangat baik, sebuah survey terhadap para pejabat public affairs mengejutkan tanggung jawab utama mereka, antara lain (dalam urutan menurun) urusan pemerintahan federal, urusan pemerintah local, relasi komunitas, komite aksi politik, kontribusi, dukungan  akar rumput, dan menejemen isu. 43% dari departemen mereka menggunakan istilah “public affairs” spesialis public affairs lainnya bekerja didepartemen yang disebut “corporate affairs”, “corporate relation”, “government relation”, “external affairs”.

Sumber: Effektive Public Relation seri 9  ( 18-20 )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s