Feature

Percaya  Diri itu Penting Lhoo…. !!!!!

Domba itu seakan tak bersemangat menjalani hidup nya karena kini penampilannya tidak seperti habitatnya yang lain yaitu badannya sudah dicukur sampai habis dan menjadi domba yang menjijikan menurut teman-temannya sekarang iya hanya mejadi bahan tertawaan dan ejekan teman-temannya saja, iya berjalan dengan perlahan-lahan tanpa arah dan tujuan sesekali iya berjalan selalu ada saja yang melihatnya seperti seekor ular, dan tupai pun ikut menertawakannya spontan yang lain juga menertawakannya dengan penampilann barunya itu yang tidak seperti domba yang lainnya  iya tambah bersedih dan seakan-akan iya tiada artinya lagi menjalani hidup ini.

Berjalan menundukan kepala tanpa arah dan tujuan, datanglah seekor kancil yang yang baik hati, kancil itu menghampiri sidomba kecil yang malang, “hai anak domba kenapa kau raut wajahmu murung seperti itu” sidomba pun menceritakan apa yang telah terjadi padanya jawab sidomba “ penampilan aku yang membuat aku murung dan tak bersemangat menjalani hidup ini, teman-teman ku mengejekku karena aku tidak seperti yang lainnya lihat aku, rambutku telah dicukur sampai habis, dan akhirnya aku menjadi bahan ejekan dan tertawaan para domba yang lainnya maupun binatang yang lainnya.

Si akancil yang baik hati itu menyemangati sang domba,  “ memangnya ada yang salah dengan penampilan mu ini domba sahut sikancil, aku tidak menertawakanmu dan aku justru ingin menyemangatimu “ agar kau tidak bersedih hati,”  tak lama kemudian si domba sudah tidak bersedih hati lagi berkat sikancil yang sudah memberinya semangat.

Cerita diatas merupakan sajian yang penuh makna dan bisa kita lihat bahwa yang sangat menonjol disini adalah tentang krisis ketidak percayaan diri pada sidomba, sehingga domba tersebut menjadi minder dikarenakan dengan penampilan barunya itu. Pada hakekatnya krisis ketidak percayaan diri yang dialami pada sidomba merupakan suatu contoh buat kita sendiri dan merupakan suatu gambaran yang harus kita pelajari maknannya.

Pernahkah anda mengalami krisis kepercayaan diri atau dalam bahasa gaulnya “tidak PeDe” dalam menghadapi situasi atau persoalan saya yakin hampir setiap orang pernah mengalami tidak percaya diri dalam ruang lingkup hidupnya dari masih anak-anak hingga dewasa bahkan sampai usia senja.

Setiap orang pasti pernah merasakan apa yang dinamakan ketidak percayaan diri (nervous) atau (don’t believe), proses ini suatu yang wajar yang pernah dialami manusia, dan suatu yang alamiah bagi kita  karena setiap manusia pasti mempunyai keluhan atau permasalahan masing-masing, tapi ketidak percaan diri tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut karena akan menjadi bumerang bagi kita. Bisa jadi, potensi yang ada dalam diri kita justru terhambat karena hanya sebuah permasalahan yang sebenarnya nggak perlu jadi masalah.

Tidak percaya diri adalah suatu sikap yang dialami oleh jiwa manusia, bisa diartikan rendah diri, merasa dirinya tak mampu, malu (nervous) dsb. Seseorang yang tidak percaya diri berarti ia mempunyai permasalahan atau keluhan yang dihadapi, dan jika anda mengalami gangguan seperti itu (tidak percaya diri) jangan dibiarkan berlarut-larut karena akan menjadi beban buat anda sendiri konsultasikan permasalahan anda kepada orang terdekat anda, seperti keluarga, teman atu kerabat terdekat anda. karena dengan banyak konsultasi permasalahan yang dihadapi oleh anda akan terasa ringan.

Memiliki rasa percaya diri (PD) itu penting. Kalau punya PD tinggi, anda bisa mengembangkan potensi yang ada dalam diri anda secara optimal. Nggak perlu lagi anda merasa minder atau malu-malu ketika tampil di depan umum atau Pada kesempatan apapun. Dengan PD, anda  juga bisa jadi tambah pinter, karena anda juga jadi berani angkat tangan untuk bertanya. Dan bisa jadi kita dikenal oleh banyak orang karena nggak minder dalam pergaulan.

Penyebab Timbulnya Krisis Kepercayaan Diri

Ada beberapa kasus Yang bisa menyebabkan anda Minder atau kurang PD, sehingga timbullah krisis kepercayaan yang tinggi :

  1. Malu dengan fisik yang anda miliki
  2. Takut salah; sehingga membuat anda tidak maju
  3. Berteman dengan sesama yang tidak percaya diri
  4. Selalu terpengaruh dengan pendapat orang lain

Meningkatkan Percaya Diri Anda

Meningkatkan kepercayaan diri itu penting ada beberapa kiat untuk meningkatkatkan rasa percaya diri. Meliputi aspek kemauan, pemahaman serta keterampilan. Untuk memenuhi aspek kemauan, Anda perlu melakukan berbagai usaha. Antara lain:

  • Bekerjalah dengan Ikhlas. Yakinkan bahwa seluruh amalan baik akan mendapatkan pahala walau tidak enak untuk dikerjakan.
  • Kerjakan setiap aktifitas dengan penuh tanggung jawab,
    • Milikilah kebiasaan menerima. Ini akan meningkatkan rasa memiliki.
    • Tingkatkan rasa tanggung jawab pribadi. Dengan itu, rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan problem umat akan tumbuh.
    • Miliki kebiasaan mempertahankan hak. Dengan cara mendorong sikap percaya diri untuk membela hak-hak kita yang hilang.
    • Milikilah kebiasaan hidup dengan tujuan. Tanpa tujuan yang kuat tak akan ada target dan kurang termotivasi untuk melakukan aktifitas yang baik sekalipun.
    • Memiliki integritas diri. Kekuatan utama bagi penyeru kebaikan terletak pada kekuatan integritas, yaitu kesatuan antara ucapan, statement tertulis dan tindakan kita.

Sedangkan untuk aspek pemahaman dan keterampilan, barangkali beberapa langkah berikut bisa Anda usahakan:

  • Milikilah catatan/referensi materi dan agenda yang rapi.
  • Siapkan materi yang akan disampaikan. Naik panggung tanpa persiapan, maka turun panggung penuh dengan kehinaan.
  • Bacalah buku-buku referensi, ini sangat membantu meningkatkan pemahaman.
  • Milikilah hafalan yang baik. Orang berbicara mengandalkan apa yang diingat.
  • Ambillah selalu kesempatan untuk tampil dimuka umum kapan saja. Sebagai latihan melancarkan kemampuan bicara dan kontrol diri.
  • Ikutilah beberapa pelatihan, semisal pelatihan Training for Trainer, atau sejenis pelatihan untuk pelatih dan fasilitator yang membekali skill mengajar.

Jadi pada intinya kepercayaan diri itu penting bagi setiap insan manusia, cerita pada sidomba itu merupakan salah satu contoh yang harus kita telaah bagaimana seorang domba yang mengalami krisis kepercayaan diri itu tak jauh denga kehidupan sehari-hari kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s