Menciptakan Pemahaman Tentang Public Relation

 

  1. Menciptakan Pemahaman (Mutual Understanding) antara Perusahaan dengan Publiknya. Tujuan public relation pertama kali adalah berupaya menciptakan saling pengertian antara perusahaan dengan publiknya. Melalui kegiatan komunikasi diharapkan terjadi kondisi kecukupan informal (well informed) antara perusahaan dengan publiknya. Kecukupan informasi ini merupakan dasar untuk mencegah kesalahan persepsi. Kesalahpahaman akibat salah persepsi atau kekuarangan informasi merupakan kesalahan dalam kegiatan komunikasi (primery-breakdown of communications)
  2. Membangun Citra Korporat (Corporate Image). Citra (image) merupakan gambaran yang ada dalam benak publik tentang perusahaan. Citra adalah persepsi publik tentang perusahaan menyangkut pelayanannya, kualitas produk, budaya perusahaan, prilaku perusahaan, atau prilaku individu-individu dalam perusahaan dan lainnya. Pada akhir persepsi akan memengaruhi sikap publik, apakah mendukung netral, atau memusuh
  3. Citra Korporat Melaui Program CSR. Citra corporate Responsibility (CSR) adalah program public relations untuk melibatkan diri mengatasi persoalan-persoalan sosial dilingkunganya. World Business Council for Sustainable Development mendefinisikan sebagai komitmen berkelanjutan kalangan bisnis untuk berprilaku etis memberikan sumbangan pada pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan. Demgan kata lain CSR adalah pengitegrasian kepedulian terhadap masalah sosial dan lingkungan hidup kedalam operasi bisnis perusahaan dan para stakeholder-nya. CSR (ada yang menyebut sebagai Community Development atau Filantropi /keiklasan berbagi ) adalah investasi sosial perusahaan yang bersifat jangka panjang. Secara berangsur akan terbentuk citra positif terhadap kegiatan sosial yang dilakukan beberpa kegiatan bisa menjadi trade mark perusahaan yang berpengaruh dalam memperkuat merek produk.
  4. Membentuk Opini Publik yang Favorable. Sikap public terhadap perusahaan bila diekspresikan disebut opini publik, jadi opini public ini merupakan opini public ini merupakan ekspresi publikmengenai persepsi dan sikapnya terhadap perusahaan ada tiga jenis opini, yaitu opini positif (mendukung atau favorable), negatif (menentang) dan netral. Public relations dituntut memelihara komunikasi persuasif yang ditunjukan untuk: (a) Menjaga opini yang mendukung (maintain favorable opinion) (b) Menciptakan opini yang masih tersembunyi atau yang belum diekspresikan (create opinion where none exist or where it is latent) (c) Menetralkan opini yang negatif (neutralize hostile opinion). Citra perusahaan yang baik akan membuat keuntungan kompetitif bagi perusahaan. Keuntungan tersebut antara lain: peniungkatan penjualan, mendukung pengembangan produk baru, memperkuat relasi keuangan, membuat harmoni hubungan dengan karyawan, mendukung program recruitment dan membantu mengatasi krisis5. Membentuk Good Will dan Kerja Sama. Pada tahap ini tujuan public relations sudah pada tahap tindakan nyata, artinya sudah tercipta jalinan kerja sama dalam bentuk prilaku tertentu yang mendukung keberhasilan perusahaan. Dalam tahap ini diharapkan public secara nyata mendukung program-program perusahaan. Misalnya publik turut serta menyukseskan kampanye public relations atau tahap loyal mengkonsumsi produk perusahaan.
  5. Good Will dan kerja sama dapat terwujud karena ada inisiatif yang dilakukan berulang-ulang oleh public relations perusahaan ontuk menanamkan saling pengertian dan kepercayaan kepada publiknya. Kemudian diikuti tindakan nyata perusahaan untuk komitmen mewujudkan kepemtingan publik. Dalam konteks employee relations, misalnya kerja sama ini Nampak jika perusahaan peduli terhadap kesejahteraan karyawan, memberikan gaji layak, bonus, penghargaan terhadap prestasi atau sistem promosi yang jelas. Sedangkan karyawan membrikan timbal balik berupa disiplin, motivasi, dan produktivitas kerja yang tinggi. Dari pemaparan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa public relations merupakan kegiatan yang bertujuan mengkomunikasikan 5W + 1H, yaitu:
  • Siapa kita (who)
  • Apa yang kita kerjakan (what)
  • Mengapa kita mengerjakannya (why)
  • Kapan kita mengerjakannya (when)
  • Dimana publiok dapat mendapatkan informasi tentang kita (where)
  • Bagaimana kita berbeda dengan pesaing (how)

Tujuan menciptakan kerja sama berarti membantu perusahaan dan publik untuk saling beradaptasi satu sama lain. Public relations adalah upaya-upaya perusahaan untuk menciptakan kerja sama dengan kelompok-kelompok masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s