DAFTAR PERUSAHAAN BUMN YANG MENERAPKAN CSR

PERTAMINA 

Progam Pertamina Dan Pendidikan

Sebagai komitmen perusahaan untuk turut meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendidikan dan untuk peningkatan akses komunitas terhadap pendidikan di tanah air, CSR Pertamina bidang Pendidikan melaksanakan sejumlah program antara lain meliputi:

Olimpiade Sains Tingkat Perguruan Tinggi (OSN-PTI) 2011

 Merupakan program yang memiliki potensi dan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang matematikan, fisika, kimia dan biologi agar lebih serius dan kompeten dibidangnya. OSN-PTI 2011 yang diprakarsai oleh Pertamina ini merupakan salah satu wujud kepedulian perusahaan terhadap pendidikan di Indonesia melalui program corporate social responsibility (CSR). Untuk lebih jelasnya silahkan anda klik link www.osnpertamina.com

Pertamina Scholarship (Beasiswa)

 Diberikan kepada 1.450 Siswa di Jabodetabek, 300 mahasiswa diploma di Padang, Palembang, dan Solo, Beasiswa S-2 untuk 25 PNS Non-Dosen, dan 25 pegawai DESDM, Beasiswa 10 Siswa terbaik untuk menempuh pendidikan tinggi di ITB, S2 Luar Negeri, dan Beasiswa untuk 100 Siswa Madrasah.

Pertamina Youth Program – PYP (Edukasi Stakeholder muda)

Program edukasi dan pengenalan bisnis migas sekaligus motivasi generasi muda untuk peningkatan awareness yang baik terhadap energy, cinta produk dan asset bangsa, serta bisnis akrab lingkungan yang berkelanjutan. PYP 2009 dilaksanakan di Cilacap, Balikpapan dan Manado.

Pertamina Goes To Campus – PGTC (Edukasi kalangan akademis)

Program edukasi dan pendekatan perusahaan terhadap lingkungan civitas akademika di Indonesia dalam rangka meningkatkan hubungan sinergis dan untuk mendukung penciptaan generasi muda yang berkualitas dan berdaya saing, sebagai bibit tenaga professional migas di tanah air. Pada tahun 2009 PGTC dilaksanakan di Universitas Riau dan Universitas Lampung.

 Progam Pertamina And Society

CSR Pertamina juga fokus dalam pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan infrastruktur dan Program Pertamina Peduli Bencana Alam. Dalam pembangunan infrastruktur dilakukan perbaikan terhadap sarana umum seperti jalan, jembatan, MCK dan sarana air bersih.

Pada tahun 2009 bidang infrastruktur melaksanakan program antara lain:

  • Renovasi Taman Pintar Jogjakarta
  • Revitalisasi Taman Pejambon Jakarta
  • Peningkatan infrastruktur di Bau-bau
  • Peningkatan infrastruktur di wilayah sekitar unit operasi Pertamina di Indonesia.
  • Perbaikan saran air bersih di Sampang, Makasar, Sibayak, Balikpapan, Semarang, dan Karang Rejo

Sedangkan sebagai kepedulian terhadap masyarakat yang terkena musibah bencana alam, CSR Pertamina melakukan sejumlah program disaster. Mulai dari kegiatan pra bencana seperti pelatihan dan workshop, kegiatan tanggap darurat, sampai dengan kegiatan pasca bencana yang meliputi: pemulihan/rehabilitasi (recovery).

Pertamina Perduli telah melakukan aksi penanggulangan keadaan tanggap darurat dengan memberikan bantuan bagi para korban serta pertolongan medis pada sejumlah musibah bencana nasional di tanah air tahun 2009, antara lain:

  • Pertamina Peduli Gempa Padang dan Kerinci
  • Pertamina Peduli Gempa Jabar
  • Pertamina Peduli Gempa Bima (Mataram)
  • Pertamina Peduli Situ Gintung
  • Pertamina Peduli Longsor Sumbar
  • Pertamina Peduli Banjir Cepu
  • Pertamina Peduli Banjir Lamongan
  • Pertamina Peduli Banjir Palopo (Sulsel)
  • Pertamina Peduli Bencana Manokwari
  • Pertamina Peduli Korban KM Teratai Prima

Progam Pertamina Dan Kesehatan

PT. Pertamina (Persero) secara konstan selalu menggarisbawahi pentingnya isu kesehatan anak dalam setiap program-program CSRnya. Komitmen ini diwujudkan dalam bentuk Program Operasi Anak Penderita Cacat Wajah. Untuk mengimplementasikannya, Pertamina bekerjasama dengan yayasan sosial yang khusus bergerak menangani anak penderita cacat wajah dan kasus bibir sumbing. Pertamina percaya bahwa dukungan layak diberikan kepada anak-anak ini sehingga mereka bisa hidup normal dan mampu menumbuhkan kembali rasa percaya dirinya. Pada tahun 2010, 38 anak penderita bibir sumbing telah sukses dioperasi di salah satu Rumah sakit swasta di Jakarta. Para penerima manfaat program ini adalah anak-anak yang berasal dari daerah DKI Jakarta Jawa Barat, Jawa Tengah, Lampung, Bengkulu, dan Maluku.

Pertamina Sehati

PT Pertamina (Persero) melalui kegiatan Pertamina Sehati sejak tahun 2004 telah mewujudkan kepeduliannya terhadap isu kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan anak dan ibu. Kegiatan Pertamina Sehati merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam mengatasi masalah sosial global seperti yang ditargetkan dalam Millenium Development Goals (MDGs). Pada tahun 2009 program Pertamina Sehati menjangkau 29 area di seluruh Indonesia dengan cakupan sekitar 15,000 penerima manfaat. Sedangkan pada tahun 2010, Pertamina Sehati telah berhasil melaksanakan lebih dari 3,800 kegiatan yang tersebar di seluruh Indonesia yang berupa pelatihan kader-kader, program pengendalian berat badan, pelatihan ibu hamil, serta pengenalan mengenai asupan makanan sehat dan bernutrisi. Lewat kegiatan tersebut, Pertamina Sehati berhasil mencapai jumlah penerima manfaat sebesar lebih dari 63,000 orang.

Bright With Pertamina

Pertamina berkeinginan kuat dalam menginvestasikan sumber dayanya untuk generasi muda Indonesia. Keinginan kuat ini dimanifestasikan dalam berbagai bentuk. Salah satu contohnya adalah dengan digulirkannya Program Bright With Pertamina. Program Bright With Pertamina bertujuan untuk memperbaiki kualitas penglihatan para generasi muda melalui kegiatan pemeriksaan kesehatan mata dan melalui pemberian kacamata baca. Pertamina percaya bahwa pemakaian kacamata baca bisa membantu para siswa yang membutuhkan dalam memenuhi haknya untuk mendapatkan pendidikan. Pada tahun 2009, Program Bright with Pertamina telah membagikan 11,000 kacamata baca kepada pelajar yang membutuhkan. Distribusi kacamata mencakup wilayah Medan, Palembang, Plaju, Prabumulih, Bekasi, Indramayu, Cilacap, Surabaya, Malang, Makasar dan Tomohon. Bright with pertamina untuk tahun 2011 jumlah penerimanya adalah 20.000 siswa. Jumlah 20.000 ini didapat setelah tim Pertamina memeriksa lebih dari 144.651 siswa dari 501 sekolah di 33 kota Indonesia.

Clino Gigi Sehat

Berdasarkan survey*, anak-anak Indonesia masih belum memiliki pengetahuan dan informasi yang cukup mengenai kesehatan gigi dan mulut. Mengunjungi dokter gigi setiap enam bulan sekali juga belum menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Pertamina yang menaruh perhatian pada permasalahan ini mendedikasikan sebuah program CSR yang bernama Clino Gigi Sehat yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah pada kesehatan gigi. Clino Gigi Sehat merupakan program kombinasi pemeriksaan dan perawatan gigi serta telinga. Tujuannya adalah untuk mendeteksi masalah di gigi-mulut dan telinga sehingga dokter bisa segera menanganinya dengan tepat. Deteksi dini ini perlu dilakukan sehingga bisa mengurangi faktor pengganggu proses belajar siswa di sekolah.

Pada tahun 2009, Clino gigi dilaksanakan di 24 SD di Plumpang, Cikampek dan Bekasi. Program ini menjangkau pemeriksaan gigi untuk 6,000 anak. Sedangkan di tahun 2010 program telah berhasil dilakukan di 60 sekolah di Pulau Jawa dengan penerima manfaat sebanyak 25,746 siswa sekolah dan 534 guru. Kemudian di tahun 2011 program ini menjangkau 10691 siswa di penjuru Indonesia. Melalui program Clino Gigi Sehat, Pertamina berhasil menjadi pelopor program kesehatan gigi dimana kegiatan tersebut belum pernah dilakukan sebelumnya oleh perusahaan lain.

Inkubator

Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat kematian bayi cukup tinggi di Asia Tenggara sebesar 30 perseribu kelahiran (Sumber : 2010 World Population data sheed United Nations). Sementara itu disisi lain pemerintah sedang mencanangkan program Gerakan Indonesia Sehat pada tahun 2010; program ini meliputi kesehatan ibu dan anak. Untuk menunjang program tersebut selain meningkatkan pelayanan terhadap kesehatan ibu dan anak, hal yang tak kalah penting yang juga perlu ditingkatkan adalah fasilitas kesehatan yang memadai di puskesmas dan RSUD termasuk inkubator bayi. Inkubator bayi merupakan salah satu fasilitas rumah sakit dan puskesmas yang sangat penting. Alat ini berfungsi menjaga suhu bayi yang lahir premature ataupun bayi dengan kebutuhan khusus supaya tetap stabil. Diharapkan bahwa incubator-inkubator ini mampu menyelamatkan lebih banyak nyawa bayi yang baru lahir.

Program Operasi Jantung Anak

Sejak tahun 2010 PT. Pertamina (Persero) turut serta dalam mengurangi jumlah anak dengan kelainan jantung bawaan yang tak tertolong. Melalui program Operasi Jantung Anak Indonesia penderita mendapat akses operasi jantung gratis. Bantuan PT. Pertamina (Persero) telah berhasil menyelamatkan nyawa 65 anak penderita kelainan jantung hingga hari ini. Penerima manfaat program ini adalah anak – anak dari keluarga tidak mampu yang tinggal di sekitar wilayah operasional PT. Pertamina (Persero) mencakup daerah Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur serta Lampung dan Daerah Istimewa Aceh.

Ambulan Persembahan Pertamina

Sejalan dengan ikhtiar Pertamina untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap fasilitas dan pelayanan kesehatan, sejumlah ambulance didistribusikan ke daerah terpencil. Ambulance yang berfungsi sebagai puskesmas keliling ini diharapkan mampu menjangkau kebutuhan kesehatan masyarakat. Ambulance ini juga dijadikan perpustakaan kesehatan agar dapat menambah pengetahuan masyarakat mengenai penyakit dan pencegahan serta penanggulangannya, mengetahui cara hidup bersih dan sehat, dan juga pengetahuan tentang gizi bagi ibu hamil dan balita untuk mendukung program Pertamina Sehati. Pada tahun 2009 bantuan ambulance diserahkan bagi masyarakat sekitar Cilacap – Jawa Tengah. Pada tahun 2010, PT. Pertamina (Persero) menyumbangkan 4 unit ambulance untuk masyarakat. Satu diantara ambulance tersebut berbentuk kapal atau yang lebih dikenal dengan istilah ambulance terapung. Sedangkan pada tahun 2011, tujuh unit ambulance diserahkan ke unit PT. Pertamina (Persero) di Dumai, Sorong, Jambi, Lirik Riau, Muara Enim, Lahendong dan Bangkalan.

Pertamina Dan Lingkungan

Program CSR Pertamina di bidang Lingkungan ditujukan sebagai komitmen manajemen dalam rangka tanggung jawab perusahaan terhadap lingkungan hidup dan pelestarian alam. Program CSR Bidang Lingkungan tahun 2009 mencakup sejumlah program antara lain:

Green Planet

Program penanaman pohon dan konservasi mangrove yang dilaksanakan melalui aksi langsung penanaman, pembagian bibit pohon kepada warga dalam sejumlah kegiatan masyarakat dan kampanye lingkungan. Pada tahun 2009 telah didistribusikan sekitar 100.000 pohon, di Jakarta dan di wilayah-wilayah operasi Pertamina di Indonesia.Pertamina menanam pohon-pohon tersebut di berbagai area, termasuk lahan kritis dan perkotaan. Jenis tanaman bervariasi, dari pohon produktif seperti mangga, rambutan, belimbing, juga mangroove dan pohon pelindung seperti akasia dan jati.

Costal Clean Up

Kegiatan CSR Lingkungan bersih-bersih pantai. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sejumlah aksi, antara lain bersih-bersih pantai, distribusi tempat sampah, edukasi pelestarian lingkungan dan penanaman pohon. Tahun 2009, Program Costal Clean Up dilaksanakan di Balikpapan, Balongan dan Cilacap.

Green and Clean

Dalam mendukung kebersihan dan paru-paru kota, tahun 2009 ini Pertamina juga melaksanakan rehabilitasi taman kota di Bandung dan pembagian 21 unit sepeda motor sampah di Kota Medan.

Green Festival

Langkah Pertamina untuk Selamatkan Bumi juga dilaksanakan melalui Green Festival 2009, suatu kegiatan tahunan yang mengangkat isu pemanasan global (global warming). Program ini bertujuan mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk melakukan aksi menyelamatkan bumi dari dampak pemanasan global. Dalam Green Festival 2009, terdapat lima green area, yaitu area listrik, sampah, kendaraan, air dan pohon. Di green area, pengunjung diperlihatkan apa saja yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan bumi dari dampak pemanasan global. Mulai dengan menghemat dan mengelola air sebagai sumber kehidupan, mengelola sampah dengan 5R (reused, reduce, recycle, rethink, replace), mengerti makna pohon dan fungsinya bagi kehidupan manusia, sampai bagaimana cara meminimalisasi polusi dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan. Pada Green Festival 2009 juga diadakan green competition, yaitu, lomba yang mengasah pengetahuan seputar pemanasan global dan lingkungan secara umum yang diikuti oleh ratusan sekolah di Jakarta.

Biopori

Pada tahun 2009 Pertamina juga memberikan 12.300 unit Bor Biopori, di Jakarta, Jawa Tengah, DIY, dan Tangerang. Bor Biopori merupakan suatu alat untuk membuat lubang biopori, yang berguna untuk membantu percepatan resapan air dan penginvestasian air di dalam tanah. Dengan membuat lubang biopori di masing-masing rumah, cadangan air tanah akan bertambah karena luas resapan air diperbanyak. Lubang biopori juga berguna untuk penimbunan sampah organik sehingga membantu proses penyuburan tanah.

Uji Emisi Gas Buang

Perhatian terhadap kualitas udara yang lebih baik merupakan salah satu fokus Pertamina terhadap lingkungan. Untuk terus menginternalisasikan wawasan dan sikap pro lingkungan bagi stakeholders internal Pertamina, khususnya di lingkungan Kantor Pusat Pertamina, dan secara kongkrit menunjukkan sikap peduli lingkungan sekaligus patuh pada peraturan-peraturan lingkungan, Pertamina melaksanakan uji emisi gas buang kepada kendaraan yang berada di lingkungan kantor pusat Pertamina.

Uji emisi gas buang ini mengacu Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta Nomor 2 Tahun 2005 tentang Pengendalian Pencemaran Udara, dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 92 Tahun 2007 tentang Uji Emisi Kendaraan Bermotor, dan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 31 Tahun 2008 tentang Baku Mutu Emisi Kendaraan Bermotor. Uji Emisi selama 3 hari menjangkau sedikitnya 700 kendaraan Perusahaan dan Pekerja Pertamina berbahan bakar bensin dan solar yang sehari-hari beroperasi di lingkungan Kantor Pusat Pertamina.

Pertamina Green Act

Pertamina Green Act merupakan sebuah kompetisi seni dan kreativitas bagi siswa SMA dan guru dengan gaya hidup hijau sebagai tema utama. Program ini bertujuan untuk menjadikan sekolah-sekolah terbaik untuk menjadi pelopor gerakan peduli lingkungan.

Tujuan umum dari program ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kegiatan ramah lingkungan dan kreativitas dalam rangka memecahkan masalah lingkungan yang ada dalam masyarakat. Rangkaian kegiatan yang dilakukan dalam program Green Act diantaranya adalah sosialisasi program, pelatihan, dan kompetisi 3R (reduce, reuse, recycle).

Kerajinan Eceng Gondok

Kerajinan Eceng Gondok ini merupakan salah satu bentuk kepedulian CSR Pertamina bidang Lingkungan yang bertujuan untuk mengurangi polutan air melalui budi daya tanaman eceng gondok. Program ini dilakukan di dekat daerah operasional Pertamina di Plaju, Palembang Sumatra. Fokus utamanya berupa pemberdayaan masyarakat dan pengembangan potensi lokal berupa sumber daya tanaman eceng gondok. Diharapkan agar tanaman eceng gondok yang sering dianggap sebagai gulma dapat diolah menjadi barang kerajinan yang bermanfaat. Melalui pelatihan yang diberikan diharapkan

Rehabilitasi Hutan Mangrove

Pertamina berkomitmen untuk terus berpartisipasi dalam menyelamatkan lingkungan terutama kawasan hutan mangrove di sekitar wilayah operasinya. Kegiatan yang dilaksanakan tidak hanya berupa penanaman tanaman mangrove tetapi juga pemberdayaan masyarakat lokal mengenai manfaat tanaman mangrove dalam kehidupan. Sebagai contoh adalah dengan pemberdayaan masyarakat lokal mengenai budidaya kepiting di kawasan hutan mangrove yang kemudian dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat setempat. Pada tahun 2010, program ini menunjukkan perkembangan yang signifikan terutama pada tingkat hidup pohon mangrove dan kisah sukses peternakan kepiting di wilayah Cilacap. Pertamina berhasil menanam 147.000 pohon mangrove selama periode 2010-2011.

Sumber: http://www.pertamina.com

42 pemikiran pada “DAFTAR PERUSAHAAN BUMN YANG MENERAPKAN CSR

  1. Mohon ada program untuk membantu para guru. Kebetulan lembaga kami, Pusat Penelitian dan pelayanan Pendidikan univ. Sanata Dharma, banyak menangani peningkatan SDM guru guru di pedalaman. Kami berharap dapat dibantu.

    • Setiap perusahaan/instansi BUMN selalu menerapkan sistem Pembangunan CSR tetapi bagaimana pelaku terkait bisa menjalankan CSR dg baik, karena efek yg timbul sangat positif bagi pelaku CSR baik perusahaan pemerintah maupun CSR

      Bapak tinggal survey ke perusahaan BUMN yg menerapkan sistem CSR yg berkesinambungan di tempat bapak.. Apabila penerapan CSR berhubungan dengan permintaan Bapak, mengenai “pemberdayaan kewirausahaan masyarat” Bapak tinggal ajukan saja permohonan pengajuan disertai dengan aplikasi baik berupa proposal, surat lampiran dll. Semoga dapat membantu

      Terimakasih sudah berkunjung di blog saya🙂

  2. KAMI SEBAGAI PENYELENGGARA PENDIDIKAN DAERAH TERPENCIL MEMOHON INFO BANTUAN SOSIAL UNTUK PENANGGULANGAN ANAK UTUS SEKOLAH DI MALUKU.AKAT BANTUAN DAN KERJA SAMA SELANJUTNYA KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH.

  3. Selamat siang Admin – kami adalah yayasan penyelamatan anjing terlantar di Bali, apakah kami dapat mengajukan permohonan untuk mendukung program edukasi? salah satu visinya adalah agar anak-anak di Bali mengerti cara merawat binatang peliharaan, kehidupan tentang binatang serta penjelasan tentang rabies. terima kasih

  4. Selamat Pagi…Kami atas nama YAYASAN ANHDOTUL UMMAH Kp.Geduk RT?RW 03/08 Desa Palasari Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur Porvinsi Jawa Barat.mohon info apa di pertamina bisa mengajukan CSR untuk pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) buat Pondok Pesantren yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan.mohon jawaban.terima kasih

  5. To all the people who are still living on this earth

    Let us stop for a moment all the activities of our greed and avarice in explotasi clicking this earth , To became involved directly or indirectly help us protect the endemic wildlife and improve coral reefs are in the process of mass destruction because of the greed and avarice of our activities in clicking their exploitation

    Anyone yourself whatever your position title and position in the social life in this world is entitled and obliged to be directly involved in this major project ,

    Projects that we are doing this for the sake of the continuity of the life of this earth so that we can bequeath our children and grandchildren in a state can be occupied by all living creatures and human generations to come

    Coral triangle :
    – ‘ Amazon sea’ as the heart of the world’s coral reefs
    – 30% of world’s coral reefs
    – Place 75 % of all known coral species in the world
    – Place of residence 3000 species of fish
    – Produce natural resources which support live more than 130 million people
    who live in the Coral Triangle
    – 85 % in the process of extinction due to human activity

    Endless Exploration

    Expedition Adventures of Nature Conservation
    to Save Coral Reefs and Endemic Species,
    at 17.540 archipelago in the zone of the Coral Triangle
    Indonesia

    The first expedition
    Talaud archipelago – Kakorotan island
    the first part
    15 day adventure nature conservation
    save the turtles, Birds maleo, coconut crab and Coral Reefs
    If you want to be directly involved in our project , you can choose the option according to what you can do to join and help us :
    1. By donating $ 5,000 for travel and expeditions program endemic wildlife conservation and coral reefs for 15 days . $ 5,000 includes:
    • tickets : manado – Melong , Melong – manado
    • guide
    • exploration spot of coral reefs and fish house
    • Accommodation and living expenses for 15 days at the site of the island conservation Kakorotan
    • Rent a boat
    In this program you will be directly involved and determine how the process of our work in :
    • Discuss with fishermen so as not to consume society endemic wildlife and leave the lifestyle that damage coral reefs
    • Protect endemic wildlife and coral reefs
    • Improve food security of fishing communities by not consuming endemic wildlife and damage coral reefs .
    2. Provide assistance in the form of logistic / tools and equipment in marine conservation / land which we desperately need . Conditions of tools / equipment can be in new condition / used ( still feasible to use and safe )
    3. Giving Donations of money according willingness and ability .
    4. Volunteers
    5. As a Sponsor
    6. Funders
    No matter how small the help you provide to us will be very significant for the existence of endemic wildlife and coral reefs which we will pass on to the future generations of human beings and living things on earth .
    Note :
    • All events and activities will we record and publish it on / off line for conservation education .
    • In the program ‘reality show’ and recording documentation on this project you can be the main actor.
    • Income from the program ‘ reality show ‘ will be allocated for conservation activities .
    contact us
    savespeciesendemic@gmail.com

  6. bagai mana cara mendapatkan Dana Bantuan CSR PERTAMINA,..kami dari PKBM ADZIKRO KUSUMAH Ds.Majalaya Kec.Majalaya Kab.Bandung

  7. Mohon informasi, kami dari SMK 28 Petanahan.
    Bagaimana cara mendapatkan dana bantuan operasional sekolah dari pertamina.
    kami sekolah swasta di kampung tepatnya desa petanahan yang peruntukannya untuh kalangan menengah kebawah kami baru berdiri dan memiliki 15 siswa dan kami baru dalam proses ijin operasional sekolah sehingga belum mendapatkan dana BOS dari pemerintah.
    Alamat : SMK28 Petanahan
    Desa Petanahan, Kec Petanahan Kab Kebumen Jawa Tengah 54382
    Jl.Guyangang km 01
    Hp : 0888 620 3076

  8. kami madrasah Alhidayah Medan jl. bunga teratai no 52 Medan, sedang membutuhkan bantuan ruang kelas baru. mohon dibantu.

  9. Saya Eli Muflianah, PNS di bidang pendidikan Non Formal di Kabupaten Tegal. Provinsi Jawa Tengah. bagaimana prosedur untuk mendapatkan beasiswa S2? Mohon petunjuk

  10. KAMI SEDANG BERJUANG MENDIRIKAN SEKOLAH KARENA JAUH DARI SEKOLAH, MOHON DIBANTU, ALAMAT SAMOJA RT 04 RW 05 DESA MALAKA KECAMATAN SITURAJA KAB SUMEDANG, JAWA BARAT

  11. K ami KOMUNITAS DESA-DESA MELEK INFORMASI TEKNOLOGI (DEDEMIT) Kabupaten Ciamis Provinsi Jawa Barat, sedang mengembangkan pengelolaan sistem informasi dengan membuat website Desa.id, se-Kabupaten Ciamis. Kami terkendala dengan akomodasi mengingat wilayah Kabupaten Ciamis sangat luas, Mohon petunjuk bagaimana cara mengajukan proposal ke csr pertamina. MOHON DENGAN SANGAT BANTUANNYA, Saya Maman Darmawan Bendahara Komunitas DEDEMIT Kab. Ciamis

  12. Kami dari Yayasan Pa van der Steur merencanakan pengembangan perpustakaan kami…Mohon petunjuk cara minta bantuan Dana Bantuan CSR PERTAMINA.

  13. Kami sekolah negeri berdiri th 1993 di ibu kota Jakarta sekolahnya sudah tua dan fasilitas minim sekali. Menunggu bantuan Pemerintah tak kunjung datang. Belum memiliki Laboratorium IPA dan lab. Bahasa ataupun lab. komputer yang memadai. infokuspun hanya satu sedangkan siswa 520. sholat jamaah juga 2 tahap. Mohon bila ada perusahaan/ Pertamina yang bersedia membantu sekolah kami. Mohon petunjuk dan caranya. Terima kasih .

  14. Kepada pimpinan pertamina kami dari MI YAPPI Natah nglipar gunungkidul bermaksud mengajukan permohonan bantuan pembangunan ruang kelas baru bagaimana caranya tlng informasinya tetima kasi

  15. kami dari panitia pembangunan Madrsaha Diniyah As sholihah Kp. Cigogorowong Rt 02 Rw 15 Desa Girimekar Kecamatan Cilengkrang Kab Bandung sangat membutuhkan bantuan renovasi madrasah, karena disaat musim hujan tidak di gunakan untuk belajar karena banyak yang bocor dan bangunan ditakutkan roboh.

    dan bisa langsung di cek ke lokasi.
    panitia pembangunan: Amar 082116000940

    Terima Kasih

  16. kami ikatan remaja cikondang, panitia pembangunan mushola baitul mukmin cikondang katulampa bogor timur membutuhkan bantuan dana anggaran untuk renovasi pembangunan mushola yg rusak ..mohon dibantu /proposal sudah ada

  17. السلام عليكم ورحمةالله وبركاته

    Kami Dari Yayasan Darul Kautsar yang bergerak di bidang Agama dan Pendidikan yaitu Pesantren Tahfizh Qur-an Darul Kautsar di Kota Binjai Prov. Sumatera Utara sangat memerlukan bantuan berupa financial untuk bisa membangun asrama dan masjid.
    Kiranya bisa dibantu bagaimana proses utk mendapatkan Dana bantuan CSR.
    Bisa mengirimkan informasinya ke email saya alfianpro@gmail.com

    Terima kasih.
    Wassalam,

    Mhd. Alfiansyah, SH
    Pimpinan

  18. Kami dari Kecamatan Malinau Kota sedang menggalakkan Program Cerdas Bersama Kecamatan Malinau Kota Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara di mana dalam program tersebut yang ingin diwujudkaan adalah Perpustakaan Kecamatan Malinau Kota dimana kami masih kekurangan Literatur dan rak Buku sekiranya Pihak Pertamina berkenan untuk membantu silahkan kontak ke 081347289223 an. sarun atau di email melalui srnaja_niar@yahoo.co.id

  19. Kepada Yth. Pimpinan PT. Pertamina
    Di
    Tempat

    Dengan Hormat,
    Salam Sepakbola ! Dengan ini kami mengajukan permohonan Kerjasama Sponsorship atau donator pada kegiatan Cianjur Soccer Championship (CSC) PSSI Kabupaten Cianjur dengan peserta 16 Klub yang akan di laksanakan pada tanggal 29 Oktober 2016 s.d 5 Maret 2017 (Sebagaimana Kami lampirkan Bundel Proposal)
    Kira Bapak Pimpinan Perusahaan dapat mendukung dan kerjasama dalam menyukseskan Kegiatan Kami Maksud. Atas Perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
    Konfirmasi apabila kesiapan bapak/ibu dapat menghubungi kami :
    Facebook : Asosiasi PSSI Kabupaten Cianjur
    Hendi jamali : 0877 2016 7869 WA 0877 2016 7869 PIN D036E8EE
    Erdang : 0878 2002 7009

    No. rekening BCA 4020308341
    A.n Hendi Jamali Sekretaris PSSI / Panitia Pelaksana

  20. Kami Sekolah Dasar Negri Welulang I Kec. Lumbang Kab. Pasuruan JATIM k. pOS. 67183, ingin mohon bantuan untuk pengembangan perpustakaan kami yang sangat minim buku dan perlengkapan perpus yang tidak layak disebut perpustakaan. selain itu juga ingin minta bantuan pembuatan green house. Mohon petunjuk cara untuk pengajuan Dana Bantuan CSR. terima kasih. DARI ahmad suharsono / 085257124112/085791795428

  21. Kami dari Yayasan Putera Indonesia Malang, Jatim, yang bergerak dalam pengembangan bidang pendidikan mulai SMK sampai PT. Kami berenana mendirikan gedung perkuliahan baru karena kondisi sekarang tidak memadai. Bagaimana cara mendapatkan CSR bidang pendidikan dari Pertamina? Terima kasih atas perhatian Bapak/ Ibu pimpinan Pertamina. Informasi dapat dikirimkan melalui email: diana_putraind@yahoo.com

  22. Bagaimana cara mendapatkan CSR? Kami dari Yayasan Putera Indonesia Malang, Jatim merupakan lembaga yang bergerak di bidang pendidikan SMK dan akademi farmasi. Kami berencana membangun gedung perkuliahan dan laboratorium, karena sarana yang ada sekarang kurang memadai. Atas perhatian Bapak/ Ibu pimpinan Pertamina kami ucapkan terima kasih.

  23. Assalamualaikum ww.
    Saya pendiri dan guru Al-qur’an dan bahasa arab di Madrasah Tahfizd Al-Ghifari Medan, SUMUT.
    Sekarang lokal belajar hanya ada dua ruang kelas, jadi saya akan membangun lokal belajar dua lokal dua tingkat.
    Mohon bantuan bapak /ibu bagaimana caranya mendapatkan bantuan dana pembangunan tersebut.

  24. Assalamu’alaikum,,, Kami memerlukan bantuan untuk perbaikan masjid Al Mu’minun RT/RW 03/33 Kelurahan Melong kecamatan Cimahi Selatan, Mohon perhatian dan bantuannya

  25. Saya BAHRIS, guru kepulauan RAAS kabupaten Sumenep Prop. Jawa Timur.. Di sekolah saya (SDN Brakas II kec. Raas) siswa-siswi baru yang mendaftar banyak masih dibawah umur (antara 4-5 tahun, hal disebabkan di sekolah saya tidak ada Sekolah TK atau PAUD. menurut orang tua siswa, daripada disekolahkan di RA di yayasan yang agak jauh dari SD, lebih baik dititipkan ke SD saja biar dikelompokkan dalam Kelas Persiapan (Pra-Sekolah).
    Kendalanya sekarang, meskipun Kelas Persiapan itu sudah 2 tahun ini dilaksanakan tapi SD sendiri sendiri belum memiliki ruang kelas khusus untuk menampung siswa-siswi kelas persiapan tersebut. ketika diajukan ke DInas Pendidikan, tidak ada kuota anggaran untuk bantuan khusus kelas persiapan di SD sementara SD saya menurut DInas ruang kelas sudah cukup (6 ruang)
    Lalu bagaimanakah cara untuk mendapatkan bantuan CSR tersebut untuk mewujudkan cita-cita kami merintis berdirinya TK atau PAUD Satu Atap SD dengan ketersediaan gedung yang memadai, mengingat kami di Kepulauan agak sulit akses informasi dan alur birokrasi yang memungkinkan membantu lebih lanjut….
    mohon petunjuknya…… via email mbah_ris74@yahoo.com ….
    Trima kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s