MARKETING ONLINE

online-marketing

Sebelum kita menjabarkan pengertian pemasaran online, saya mengajak anda memahami kata perkata tentang pengertian internet marketing atau Pengertian e-marketing ini.

Pertama : Online marketing, kalimat yang terdiri dari dua kata yaitu Online dan Marketing sudah tau pastinya 
Online : suatu kegiatan atau proses dimana anda perangkat technologi terhubung dengan jaringan internet yang aktif. ( kalo nggak aktif berarti offlineya)
Marketing : adalah saya, anda,orang lain yang melakukan kegiatan atau aktifitas bisnis dengan melalui media internet dengan menempuh jalur online.
Kedua : Online Marketing adalah suatu aktivitas atau usaha untuk melakukan pemasaran produk atau jasa yang di lakukan melalui media internet yang terhubung secara aktif.

E-Marketing (Electronic Marketing)

Pengertian tentang E-Marketing menurut Armstrong dan Kottler (2004:74) adalah sebagai berikut: E-Marketing is the marketing side of E-Commerce, it consists of company efforts to communicate abaout, promote and sell products and services over the internet. Yang bisa diartikan sebagai berikut: E-Marketing adalah sisi pemasaran dari E-Commerce, yang terdiri dari kerja dari perusahaanuntuk mengkomunikasikan sesuatu, mempromosikan, dan menjual barang dan jasa melalui internet.

Menurut American Marketing Association yang dikutip oleh Kleindl dan Burrow (2005) marketing adalah proses perencanaan dan pelaksanaan dari ide atau pemikiran konsep, harga, promosi dan distribusi. Marketing dapat diartikan lebih sederhana yakni pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang saling memuaskan antara perusahaan dan konsumen.

Saat ini marketing telah berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Aktivitas marketing menjadi lebih luas dengan adanya internet. Penggunaan internet dan fasilitas yang ada di dalam internet untuk melakukan aktivitas marketing dikenal sebagai e-marketing (Kleindl dan Burrow, 2005).

Menurut Boone dan Kurtz (2005) e-marketing adalah salah satu komponen dalam e-commerce dengan kepentingan khusus oleh marketer, yakni strategi proses pembuatan, pendistribusian, promosi, dan penetapan harga barang dan jasa kepada pangsa pasar internet atau melalui peralatan digital lain.

Sedangkan menurut Strauss dan Frost (2001) e-marketing adalah penggunaan data dan aplikasi elektronik untuk perencanaan dan pelaksanaan konsep, distribusi, promosi, dan penetapan harga untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan individu dan organisasi.

Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:

  1. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
  2. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
  1. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.

E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.

  1. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
  2. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
  3. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.
  4. Dapat mengawasi pesaing
  5. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
  6. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.

Pengertian pemasaran online sebenarnya tidak jauh berbeda dengan definisi pemasaran ofline hanya saja tempat pemasarannya saja yang berbeda akan tetapi yang lebih membedakan antara kedua proses pemasaran ini adalah pada strateginya dan Toolsnya saja, namun demikian ada pemasaran online akanmasuk juga dalam proses pemasaran ofline.

Berarti pada intinya online marketing atau pengertian pemasaran online adalah “ kegiatan yang anda lakukan dalam rangka menjalankan misi untuk meraih visi melalui jalur yang terhubung dengan internet aktif, tidak memandang anda pake hp merek apa,komputer jenis apa dll. selama anda bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan alat yang anda punya secara online,menurut saya anda bisa dikatakan sebagai marketing online..setuju nggak?..kalau nggak setuju ya biarkan saja ya…karena kita semua bebas berpendapat mendefinisikan mana yang menurut kita paling tepat selama tujuan dan maknanya sama.

Apa bedanya anatara pengertian Pemasaran online, pengertian e-marketing, dan pengertian internet marketing?…ketiganya memiliki makna yang sama dan juga menempuh proses dengan menggunakan alat yang sama modelnya tergantung apa yang anda punya dari alat tekhnologi atau elektronik tersebut.

Kemudian dalam dunia Pemasaran Online dan Pemasaran Ofline keduanya tergabung dalam satu kata yaitu “ Marketing “.

Marketing sendiri juga memiliki banyak pembagian strategi seperti Marketing Mix, baca pengertian Marketing Mix. Marketing Mix juga terbagi Menjadi product Mix dan Product Line, dan masih banyak pembahasan lain mengenai pengertian Marketing itu sendiri.

Pengertiang Marketing : suatu proses kegiatan menyeluruh dan terpadu yang terdapat di dalamnya individu maupun kelompok untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan dan diinginkan dengan cara membuat produk, menetapkan harga, mengkomunikasikan sebuah informasi atau mempromosikan dan menyalurkan melalui kegiatan pertukaran untuk memberikan kepuasan terhadap konsumen dan perusahaan. Atau biasanya di ringkas menjadi : Precesses, Creating, Relanships, Comunicating and Delivering Value.

Dalam dunia marketing ataupun Pemasaran, semuanya bisa di katakan sebagai pelaku marketing atau pemasar, itulah sebabnya saya sering katakan dalam beberapa acara bahwa kita semua ini adalah MAREKTING, baik marketing bagi diri sendiri, marketing barang, marketing jasa dll. intinya kita adalah seorang marketing tidak pandang pangkat jabatan ataupun suku dan ras budaya. Saya harap sobat mengerti apa yang saya maksudkan kita semua adalah marketing..

Demikian ulasan singkat seputar pengertian Pemasaran Online, semoga bermanfaat untuk mendapatkan informasi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s